Pemdes Barengkok Dapat Rutilahu Sebanyak 4 Unit Dari Pemkab Bogor

  • Bagikan

Bogor | MMC Jabar, – Pemerintah Desa Barengkok, Kecamatan Jasinga hanya mendapatkan sebanyak 4 rumah tidak layak huni (Rutilahu) dari Pemerintah Kabupaten Bogor.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Barengkok Hermawan Setiawan saat dikonfirmasi wartawan melalui pesan via WhatsApp, Senin (27/12/2021) siang.

“Desa Barengkok mendapatkan bantuan RTLH dari Pemkab sebanyak 4 unit, namun dari Provinsi tidak ada bantuan.
Padahal desa sudah mengajukan ke Provinsi melalui dana aspirasi termasuk Ibu Eha, namun tidak turun anggarannya, sekian yang bisa kami sampaikan,” ungkap Hermawan.

Dikatakan Hermawan, Ibu Eha belum mendapatkan RTLH, karena ditahun ini saja penerima RTLH Desa Barengkok cuma 4 unit dan kami masih banyak yang skala prioritas.

Sebelumnya, Eha warga dari Kampung Bojong Kancas RT 04 RW 06 belum tersentuh bantuan rumah tidak layak huni yang biasa disebut Rutilahu.

Pantauan wartawan di lokasi Minggu (27/12/2021) nampak rumah yang ditempati oleh Eha masih berbilik bambu dan sudah mulai lapuk.

“Kalau hujan saya ngungsi ke rumah tetangga, soalnya sangat khawatir jika di tempati,” kata Eha seperti dikutip dari Media Jurnal Inspirasi Bogor, Minggu (26/12).

Tak hanya itu, Eha belum terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal ini diungkapkan oleh TKSK Kecamatan Jasinga Cepi Saepuloh.

“Pa ini gak ada di DTKS, cuman
dapet bantuan BLT dari DD,” kata Cepi meneruskan percakapan dari Kasie Kesra Desa Barengkok.

Menurutnya, pa Achsan ini tadinya tinggalnya di Jakarta bareng keluarga pindah ke Kampung
Bojong, baru sekitar 4 tahun kurang lebih.

“Yah saya kasih tau operator SIKS-NG kalau ada pembukaan DTKS supaya di masukan gituh kang,” sebut Cepi.(Dery)

  • Bagikan