Kantor Kecamatan Jasinga Segera Dibangun

  • Bagikan

Bogor | MMC Jabar, – Camat Jasinga Santoso menyebut pembangunan kantor Kecamatan Jasinga akan segera dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bogor melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2022.

“Sudah mengusulkan untuk rencana lelang, Insyaallah di bulan- bulan Juni lelang diadakan untuk kantor Kecamatan,” sebut Santoso dikonfirmasi wartawan seusai acara Musrembang di Aula Kecamatan Jasinga, Kamis (27/1/2022).

“Itu sudah dianggarkan oleh Pemda itu sudah ada, tinggal menunggu waktu saja,” sambungnya.

Santoso berharap, tidak ada perubahan yang signifikan dalam rencana anggaran biaya (RAB).

“Harapan kita tidak ada perubahan yang signifikan. Karena yang paling berpengaruh itu perubahan harga besi ya, paling nanti kalau berpengaruh pada rencana anggaran biaya (RAB). Ya, harus menyesuaikan dengan harga. Cuman konsultan perencana tetap mengawal untuk ada perubahan harga material itu,” kata Santoso menambahkan.

Disingung mengenai biaya konsultan perencanaan dan konsultan pengawas, ia menegaskan tidak bisa berubah.

“Kalau anggaran perencanaan dan pengawasan tidak bisa berubah itu tetap,” tegasnya.

Sementara Beppedalitbang melalui Kepala Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Rahmi Karmelia mengatakan tinggal sedikit lagi kantor kecamatan yang belum dibangun.

“Yang saya tau tinggal sedikit lagi, Parungpanjang belum, Jasinga dan Jonggol kalau tidak salah, saya gak hafal tapi ada lah beberapa. Tadinya tahun ini mau tuntas semua untuk kantor Kecamatan,” kata Rahmi.

Soal biaya anggaran pembangunan kantor Kecamatan, dikatakan Rahmi, dilakukan perhitungan oleh tim Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor dengan melihat beberapa indikator.

“Di kami, di tim Bappedalitbang melihatnya kepada produk domestik regional bruto (PDRB) kecamatannya, kemudian indeks

pembangunan manusia (IPM),kemudian pada luas wilayah dan penduduk. Jadi, ada hitungannya,” ucapnya.

“Soalnya, prosedur tetap (Protap) untuk bangunan Kecamatan sudah ada protapnya dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP),” tambahnya.

Ditempat yang sama, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) wilayah Kecamatan Jasinga Nurohman sangat menaruh harapan kepada Pemkab Bogor agar segera memperbaiki kantor Kecamatan Jasinga.

“Saya sih berharap memang Kecamatan Jasinga ini yang layak, yang memang representatif, yang bisa membuat masyarakat nyaman ketika mengurus administrasi di Kecamatan,” kata Nurohman.(Dery)

  • Bagikan