Kades Bojonggede Bentuk Satgas Ramadhan, Jam Operasional Pedagang Makanan Dibatasi

  • Bagikan

Bogor | MMCNEWS – Kepala Desa Bojonggede Kabupaten Bogor hari ini melaksanakan kegiatan rapat evaluasi kinerja triwulan antar lembaga sekaligus evaluasi menyambut bulan suci Ramadhan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Bojonggede, Dede Malvina saat ditemui awak media diruang kerjanya, Senin (28/03/2022).

“Kegiatan hari ini rapat evaluasi kinerja di triwulan pertama sekaligus evaluasi menyambut bulan Ramadhan serta sinergitas antar lembaga. Sinergitas antar lembaga perlu dikuatkan, untuk PKK kita fokuskan ke bagian pemberdayaan perempuan dan ekonomi. Jadi hari ini program inti adalah program rutin tiap hari senin kinerja antar lembaga,” ujar Dede Malvina.

Setiap tiga bulan sekali, masih Dede menjelaskan harus ada evaluasi kinerja antar lembaga. Cuma diselipkan ramah tamah di bulan Ramadhan.

“Di Bojonggede sudah terbentuk tradisi membentuk satgas Ramadhan, dulu dibentuk swadaya masyarakat itu person. Kita menghindari persikusi makanya dibentuk satgas Ramadhan ditingkat desa tujuannya memberikan pembinaan, pembimbingan terutama pedagang pendatang baru. Bahwa banyak orang yang minta dihormati tetapi kali ini adalah bulan ramadhan harus kita hormati,” jelasnya.

Tidak buka puasa dijalan, tidak buka rumah makan melayani pada siang hari kecuali menjelang jam takjil dan orang-orangnya sendiri terbentuk dari kelembagaan desa. “Kegiatan tersebut satu bulan penuh, dan kami mengeluarkan surat edaran yang disebut keputusan bersama kepala desa ditanda tangani tokoh masyarakat, seluruh ketua RW, kelembagaan dan MUI. Warung makan, penjual takjil buka tidak apa-apa tetapi menjelang buka puasa. Ini menjaga adat tradisi di Bojonggede, desa memfasilitasi satgas ramadhan. Untuk yang nekat buka kita himbau terus untuk tutup, yang jelas kita tidak ada pengusiran dan pidana,” terang Dede.

“Harapan kami warga Bojong gede sehat bisa menjalankan bulan suci, biasa puasa dengan tenang dan pemerintah bisa mengumumkan masa pandemi menjadi endemi serta khusus ramadhan semua kembali pulih,” tutupnya.

Menanggapi adanya himbauan dari Desa, ditempat terpisah, Devi salah pedagang nasi menyambut baik peraturan yang dikeluargan Kades Bojong Gede “Tiap tahun memang seperti itu, menurut saya bagus saya setuju saja. Kita juga menghormati orang puasa buka jam segitu ya cocok,” kata Devi pedagang nasi yang berjualan tidak jauh dari kantor Desa. (Agus/Iwan)

  • Bagikan